Ngobrolin cantik menurut islam

  • Published on
    25-Dec-2014

  • View
    827

  • Download
    0

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Sebuah presentasi mengenai makna cantik yang hakiki menurut Islam. Disampaikan di acara Lesehan Remaja Smart with Islam Ahad 22 September 2013 lalu di Taman Gabusan Bantul.

Transcript

<ul><li> 1. NGOBROL CANTIK CANTIK MENURUT ISLAM Oleh: Hesti Rahayu, S.Sn., MA. *Disampaikan dalam acara LESEHAN REMAJA SMART WITH ISLAM Divisi Dakwah Sekolah Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia DPD II HTI Kab. Bantul Ahad, 22 September 2013 </li> <li> 2. CANTIK ITU. RELATIF Tergantung menurut siapa dong? </li> <li> 3. Hmmm.. </li> <li> 4. Wanita Cina Zaman Cina Kuno, cantik itu adalah wanita yang memiliki ukuran kaki super kecil. Mereka harus rela kakinya dibalut sejak balita hingga dewasa. Kaki Lotus itulah sebutan untuk kaki kecil mungil yg tidak memungkinkan pemiliknya untuk berjalan jauh, apalagi berlari. </li> <li> 5. Wanita Myanmar Cantik menurut suku Padang di Myanmar ini adalah ketika seorang wanita memiliki leher panjang yang dibentuk dengan menggunakan gelang-gelang tembaga. Ukuran 32 gelang adalah ukuran ideal bagi seorang wanita cantik di suku ini. </li> <li> 6. Wanita Ethiopia Salah satu suku bangsa di Ethiopia mengganggap cantik itu ketika seorang wanita memiliki bibir yang lebar yang dibentuk sejak kanak-kanak menggunakan semacam piringan yang dimasukkan ke bibir. </li> <li> 7. Bagi salah satu suku bangsa Dayak di Kalimantan, Indonesia, wanita cantik itu jika memiliki daun telinga yang panjang, yang diperoleh dengan menggunakan anting anting tradisional yang berat selama betrtahun-tahun. wanita Dayak </li> <li> 8. Waahh.. Jadi cantik itu tergantung siapa, dimana, kapan, dst yaa..? </li> <li> 9. Atau mungkin.. </li> <li> 10. CANTIK ITU. RELATIF Tergantung tren? </li> <li> 11. Hmmm.. Kayak apa tuuh? </li> <li> 12. Patung Venus of Willendorf ukiran dari zaman Paleolitikum yang diukir dari batu gamping yang diperkirakan berasal dari 25.000-21.000 SM. Ukiran ini ditemukan di Willendorf, Austria. Mencitrakan Dewi Venus yang banyak dipuja sebagai simbol kecantikan, yang ternyata bertubuh sangat gemuk. </li> <li> 13. Abad pertengahan (abad ke 16 M) Pada masa ini figur-figur perempuan bertubuh subur dengan perut, lengan, serta wajah yang berdaging dan berisi. </li> <li> 14. Tahun 1950-an Aktris Marylin Monroe menjadi trend setter cantik di masa itu. Dengan tubuh yang berisi. </li> <li> 15. Tahun 1960-an Twiggy, model asal Inggris yang super kerempeng. Saat itu banyak perempuan yg mati2an berdiet agar bisa sekurus Twiggy. </li> <li> 16. Dan selanjutnya hingga kini </li> <li> 17. Waaa Kok jadi membingungkan? Trus gimanaa doong!! </li> <li> 18. Lalu, cantik itu Apa dan bagaimana sih? </li> <li> 19. Siapa penentu standar cantik? Kalau kita melihat lintasan sejarah tadi ukuran cantik dengan penilaian fisik yang harus langsing, harus putih, dsb itu adalah suatu trend, suatu bentukan. Siapa yang membentuk hal itu? </li> <li> 20. Pengaruh Kapitalisme Kapitalisme harus selalu menciptakan trend untuk membuka peluang pasar tidak mau rugi. Mengopinikan melalui media massa dan iklan2 untuk melariskan industri kecantikan yang berkembang alat2 kosmetik, salon2 perawatan, produk2 makanan diet, dsb. Menciptakan ajang2 kontes2 kecantikan agar dapat memelihara persepsi tentang tubuh dan penampilan ideal yang seolah dituntutkan kepada para perempuan. Para perempuan dijejali persepsi2 negatif tentang wajah dan tubuhnya agar tetap merasa kurang sempurna yang dari diharapkan akan terperangkap dalam cara pikir yang keliru mengenai tubuhnya dan melariskan produk. </li> <li> 21. CANTIK MENURUT ISLAM Tidak dapat disangkal bahwa setiap orang suka pada keindahan dan kemolekan. Kecantikan adalah bagian dari keindahan. Bahkan Alloh SWT-pun juga menyukai keindahan. Sesungguhnya Allah itu indah dan suka pada keindahan. Dia bersih dan suka akan kebersihan. Dia pemurah dan suka akan kedermawanan. Karena itu, bersihkanlah pekaranganmu dan janganlah kamu serupa dengan orang israel yang membiarkan sampah kotoran bertumpuk-tumpuk di dalam rumahnya (HR. Bukhori) </li> <li> 22. Setiap perempuan boleh saja kepengin punya wajah cantik, tubuh ideal, dan penampilan yang oke. Hanya saja manusia tidak selalu dapat memperoleh segala apa yang diinginkannya. Trus gimana dong? </li> <li> 23. Islam mengajarkan konsep dan pemikiran yang benar tentang hakikat perempuan dan nilai serta standar kemuliaannya. Kehormatan dan kemuliaan perempuan dalam Islam tidak diukur dengan ukuran fisik dan kecantikannya, akan tetapi dengan ketakwaannya. Allah SWT berfirman: Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu (TQS. Al-Hujurat [49]:13). </li> <li> 24. So, yang harus kita lakukan : 1. Mensyukuri atas setiap qodho/ takdir yg menimpa kita, senantiasa menumbuhkan perasaan penerimaan terhadap diri sendiri Mau bagaimana lagi, toh sudah qodho (takdir, keputusan) dari Allah SWT. Nggak perlu disesali karena kita tidak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Cara kita dalam menyikapi keputusan Allah-lah yang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak. Harus senantiasa bersyukur dan ikhlas atas keputusan Allah SWT. </li> <li> 25. 2. Meningkatkan ketakwaan dan menumbuhkan inner beauty dengan peningkatan kepribadian Islam (syakhsiyyah Islamiyyah) Karena toh, ternyata fisik, rupa, karakter, tidak menentukan kualitas kepribadian seseorang Inner beauty tidak sama dengan hallo effect </li> <li> 26. UNSUR KEPRIBADIAN (SYAKHSIYYAH ISLAMIYYAH) 1. AQLIYAH : CARA BERPIKIR YANG DISTANDARISASI AQIDAH TERTENTU aqidah Islam 2. NAFSIYAH : CARA MEMENUHI KEBUTUHAN / PERILAKU YANG DISTANDARISASI AQIDAH TERTENTU aqidah Islam KEPRIBADIAN ISLAM Seorang muslim yang telah ber-TEKAD memiliki Aqliyyah Islamiyyah dan Nafsiyyah Islamiyyah </li> <li> 27. 3. Selalu ingat akan perintah dan larangan Allah agar tidak terperangkap dan terseret dalam arus kapitalistik Tidak boleh melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menonjolkan keperempuanan (bagi perempuan) atau kelelakian (bagi pria) Menutup aurat dgn jilbab dan khimar </li> <li> 28. Q.S. An Nuur : 31 </li> <li> 29. 31. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. </li> <li> 30. 59.Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya(***)ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [***] Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada. </li> <li> 31. 4. Secara sistem/ negara dengan menerapkan aturan islam dalam bingkai penerapan syariah dan khilafah Tdk boleh ada eksploitasi perempuan Perempuan harus dilindungi hak2 dan kehormatannya </li> <li> 32. Syariah Islam tegas mengharamkan eksploitasi perempuan. Rafi bin Rifaah menuturkan: r Rasulullah SAW telah melarang kami dari pekerjaan seorang pelayan perempuan, kecuali yang dikerjakan dengan kedua tangannya. Beliau bersabda: begini dengan jari jemari Beliau seperti membuat roti, memintal dan menenun. (HR Ahmad, Abu Dawud, al-Hakim dan al-Baihaqi). </li> <li> 33. Rasulullah SAW juga bersabda : Dua golongan di antara penghuni neraka yang belum pernah aku lihat: kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi yang mereka gunakan untuk memukul orang-orang; dan perempuan yang berpakaian tapi telanjang yang berlenggak lenggok, rambut mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium aromanya surga. Dan sesungguhnya aroma surga itu bisa tercium sejauh perjalanan demikian dan demikian (HR Muslim dari Abu Hurairah). </li> <li> 34. Kemuliaan perempuan dan umat manusia hanya bisa terwujud dengan Islam dan penerapan syariah Islam secara total di bawah naungan sistem Khilafah Rasyidah yang mengikuti manhaj kenabian. Untuk itu, kita semua sebagai bagian dari umat harus segera berjuang bahu membahu mewujudkannya. Wallh alam bi ash-shawb. </li> <li> 35. TIPS CANTIK LUAR DALAM Menjaga kebersihan Olahraga yang teratur Menjaga makanan dan istirahat Berpuasa Menjaga kesehatan akal dan hati </li> <li> 36. JADI CANTIK ITU. SUDAH PASTI. Standarnya bukan fisik tetapi dengan merujuk kepada Al Quran dan Sunnah Rasul-Nya! ^_^ V </li> <li> 37. So Dengan gambaran tersebut, seorang perempuan tidak perlu harus cantik untuk berprestasi. Tidak perlu harus cantik untuk sukses, dan tidak perlu harus cantik untuk bisa hidup bahagia. </li> <li> 38. Wallahu alam bishawwab Wassalamualaykum wr. wb </li> </ul>